5 Jenis Mainan untuk Anak Sesuai Usia

5 Jenis Mainan untuk Anak Sesuai Usia

Kegiatan yang paling dekat dan paling sering dilakukan oleh anak-anak adalah bermain. Sekalipun hanya bermain dengan mainan yang bisa dibeli salah satunya di toko perlengkapan bayi, jangan salah memilihkan mainan untuk anak. Pilihkan mainan yang pas dengan usianya agar anak nyaman bermain. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai jenis mainan yang sesuai usia.

1. Usia 0 Sampai 6 Bulan

Pada saat masih berusia ini, biasanya anak memiliki kecenderungan untuk melihat dan mencontoh apapun yang dilakukan oleh orang-orang yang berada disekitarnya. Selain itu, ada juga sebagian anak pada usia ini sudah bisa meraih benda-benda yang terlihat cerah, berbeda dan mencolok.

Ada juga yang sudah anak usia ini sudah bisa mengangkat kepala, mengarahkan kepala ke arah datangnya suara. Oleh karena itu, mainan yang cocok pada usia ini adalah seperti kerincingan, bola bertekstur, irama-irama yang menenangkan.

2. Usia 7 Sampai 12 Bulan

Memasuki usia ini, anak mulai bergerak secara aktif. Misalnya saja anak mulai belajar untuk berguling, duduk, merayap, memanjat sesuatu di dekatnya hingga mencoba untuk berdiri. Mainan yang bisa Anda berikan kepada anak usia ini adalah boneka tangan untuk dongeng. Bisa juga Anda memilihkan mainan plastik maupun mainan yang bisa digunakan di air.

3. Usia 1 Tahun

Saat anak Anda sudah berusia 1 tahun, biasanya anak lebih aktif lagi seperti berjalan bahkan mulai bisa menaiki tangga. Kemampuan dalam berkomunikasi juga mulai terasah. Mulai dari mendengarkan cerita orang lain, mengucapkan keinginannya bahkan bisa diajak ngobrol sekalipun masih terbata-bata.

Oleh karena itu, pada saat anak sudah usia 1 tahun ini bisa Anda berikan mainan dengan ilustrasi yang sederhana. Bisa juga Anda berikan mainan telpon, mainan foto, puzzle maupun mainan yang bisa mengembangkan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik.

4. Usia 2 Tahun

Pada usia ini, anak mulai terbiasa responsif terhadap orang lain maupun dengan situasi kondisi di sekitarnya. Tak jarang ada anak yang merasa takut pada hal-hal baru maupun hal-hal besar daripadanya. Selain itu ada juga anak yang mulai merasa menyesal atau sedih ketika orang lain seusianya kesal.

Terkadang ada juga yang mulai membandel tidak menuruti kata orangtua. Adapun jenis mainan yang cocok untuk anak usia ini adalah mainan yang dapat merangsang kreativitas anak. Misalnya puzzle, menyusun balok yang disortir berdasarkan kategori tertentu, menggambar dan lainnya.

5. Usia 3 hingga 6 Tahun

Anak usia ini biasanya sudah mulai banyak bicara, bereksperimen dengan hal-hal baru terutama yang berkaitan dengan fisik. Usia ini juga, pada umumnya anak mulai bisa suka bermain dengan teman sebayanya. Adapun jenis mainan untuk usia ini adalah mainan plastik jenis transportasi, menulis, menggambar, lempar dan menendang bola, maupun bermain boneka.

Apabila Anda ingin memilihkannya boneka, pilih dan pilahlah jenis boneka pada pedagang yang jual boneka. Sesuaikan dengan kepribadian anak, ukurannya maupun bahan-bahan yang digunakan. Jangan lupa selalu awasi dan dampingi anak apabila anak sedang bermain.

 

Back To Top